Breaking News
Loading...
Monday 26 February 2018

Makna Alquran

04:44:00
Assalamu'alaikum Wr. Wb.


      Sesuai dengan judul,saya akan membahas sedikit mengenai Makna Alquran dari perspektif saya dan dari beberapa sumber yang akan saya ambil. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saya dan teman teman yang membaca.

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah Swt melalui nabi Muhammad SAW selama berangsur angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun.

Menurut Bahasa, Al-Qur’an berasal dari kata qara`a yang bermakna membaca, maka Al-Qur’an berarti sesuatu yang dibaca, sedangkan jika berasal dari kata qara`a yang bermakna mengumpulkan, maka Al-Qur’an berarti sesuatu yang mengumpulkan, karena Alquran itu berisi kumpulan kisah-kisah dan hukum.
Secara syariat, Al-Qur’an adalah kalamullah yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan secara mutawwatir (diriwayatkan oleh banyak orang) & membacanya merupakan ibadah.

Al-Qur’an sendiri menjelaskan bahwa isi dari Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Al-Qur’an Terkadang juga dapat berisi cerita mengenai kisah bersejarah, dan menekankan pentingnya moral. Al-Qur’an dibaca hanya dalam bahasa Arab.

Sedangkan menurut saya, Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang digunakan sebagai pedoman dalam hidup,bukan hanya sebagai bacaan. walaupun saya sendiri masih belum bisa mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
Misalnya ketika kita sedang mengalami suatu masalah yang rumit,jika kita mau mencari didalam Al-Qur’an pasti ada jawabannya. Begitu juga didalam Al-Qur’an sudah tertulis jelas mengenai kisah kisah besar yang akan terjadi di masa yang akan datang,seperti hari kiamat.

 Allah SWT berfirman :
إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْءَانَهُ(17) فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْءَانَهُ
“Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (dalam dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya.” (Al-Qiyamah [75] : 17-18)


Sekian artikel dari saya,mohon maaf apabila ada kurangnya,Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer